ANALISA SWOT PADA BUKALAPAK




  • Analisa SWOT BUKALAPAK


1.1 Latar Belakang

Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu, salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi internet, dimana dahulunya internet hanya digunakan untuk keperluan bertukar informasi dan berkomunikasi oleh segelintir atau sekelompok orang. Berbeda dengan dulu, sekarang semua orang bisa menggunakan internet dan teknologi internet pada saat ini lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu bidang yang sekarang sedang banyak diminati dan digeluti oleh masyarakat adalah e-bussines atau bisnis online , bisnis online banyak diminati karena modal yang kecil dengan keuntungan yang lumayan besar dan jangkauannya yang luas. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online adalah Bukalapak.

Mendengar nama Bukalapak siapa yang belum tahu nama tersebut saat ini. Terlihat sekilas Bukalapak layaknya seperti toko-toko online yang lain, tetapi jika ditelusur lebih dalam Bukalapak merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia. Sejarah Bukalapak dibangun berawal dari mimpi foundernya yang percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi dengan kerja keras mereka.

Bukalapak  merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Bukalapak  sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Bukalapak . Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini akan memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.

  Profil dan Biografi Achmad Zaky

Profil dan Biografi Achmad Zaky. Ia dikenal sebagai pendiri bukalapak, salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia. Perjalanan panjang harus dilalui dengan perjuangan dan kerja keras oleh Achmad Zaky dalam mendirikan Bukalapak.com hingga ia berhasil menuju titik sukses dan menjadi salah satu pebisnis yang disegani di Indonesia berkat Bukalapak.com miliknya.

Bukalapak telah menjelma menjadi e-commerce atau marketplace yang diperhitungkan. Kini situs tersebut telah mampu bersaing dengan berbagai situs jual online lain yang muncul terlebih dahulu. Berikut kami sajikan Profil dan Biografi Achmad Zaky dan perjuangannya sebagai pendiri bukalapak

Kecerdasannya juga membawanya bisa diterima di kampus ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Ia mengambil jurusan Teknik Informatika dan memiliki riwayat akademik yang luar biasa dengan berhasil meraih IP 4.00 pada semester satu.

Biografi Achmad Zacky terkait dengan prestasi terlihat dari berbagai kegiatan kampus yang diikuti. Ia bahkan menjadi penggagas berdirinya beberapa organisasi di kampus diantaranya adalah ShARE Global Student Think-Tank, Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB.

Dan aktif dalam Amateur Radio Club (ARC) ITB. Segudang prestasi lain juga diperoleh saat masih berkuliah di ITB seperti juara II Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards).

·        

·         Achmad Zacky  Mendirikan Bukalapak

. Bukalapak didirikan pada tanggal 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos, semasa berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Momentum awal bagi kemajuan Bukalapak adalah ketika tren pengguna sepeda lipat melonjak pada tahun 2010. Pada saat itu, terdapat banyak komunitas yang menjual berbagai sepeda dan aksesorisnya dengan harga terjangkau sehingga meramaikan dan meningkatkan pertumbuhan pengguna di Bukalapak secara signifikan.



1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, kami merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :

1.     Apa yang dimaksud dengan E-Commerce?

2.     Apa saja Jenis-Jenis E-Commerce?

3.     Apa saja manfaat dari E-Commerce?

4.     Bagaimana perkembangan Bukalapak?

5.     Bagaimana cara berbelanja di Bukalapak ?

6.     Bagaimana cara menjual produk di Bukalapak?

7.     Fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam Bukalapak?

8.     Apa Kelebihan dan kekurangan Bukalapak ?

9.     Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan oleh penjual di Bukalapak?

10.  Apa saja masalah yang pernah terjadi di Bukalapak?



1.3 Tujuan Masalah

Berdasarkan Rumusan Masalah diatas, kami merumuskan Tujuan masalah sebagai berikut :

1.     Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan E-Commerce.

2.     Untuk mengetahui jenis-jenis dari E-Commerce.

3.     Untuk mengetahui manfaat dari E-Commerce

4.     Untuk mengetahui bagaimana perkembangan Bukalapak

5.     Untuk mengetahui bagaimana cara berbelanja di Bukalapak.

6.     Untuk mengetahui bagaimana cara menjual produk di Bukalapak.

7.     Untuk mengetahui Fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam Bukalapak.

8.     Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Bukalapak

9.     Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh penjual di Bukalapak.

10.  Untuk mengetahui apa saja masalah yang pernah terjadi di Bukalapak.



















BAB II

PEMBAHASAN



2.1 Pengertian E-Commerce

E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.

E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.

Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.



2.2 Jenis-jenis E-Commerce

Ada beberapa jenis e-commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet seperti di jelaskan di bawah ini.

1.     E-Commerce Business To Business (B2B)

Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena diantara kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu sama lain.

Contoh dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang dilakukan melalui transaksi online dari internet, begitu juga dengan payment yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan menggunakan kredit card dari internet.



2.     E-Commerce Business To Consumer (B2C)

Jenis E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.



3.     E-Commerce C2C

Jenis E-Commerce Consumen to Consumen dilakukan antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumsen lainnya.



4.     E-Commerce Consumen to Business (C2B)

Jenis E-Commerce Consumen To Businses dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.



Analisa SWOT pada Bukalapak



Strength (Kelebihan) :

1. Mudah di akses dari Web maupun mobile

2.  Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual

3.  Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual

4.  Adanya Sistem Payment Sistem

.



Weaknesses (Kelemahan):

1.      Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama

2.      Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual

Opportunities (Peluang):

1.      Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu

2.      Bisa menjangkau seluruh indonesia

3.      Banyaknya penjual yang dapat menjual barang



Threat (Ancaman):

1.      Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama

2.      Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain

3.      Dapat di akses oleh Hacker

.



2.3 Manfaat E-Commerce

Beberapa manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti berikut ini.

1)     Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen

2)     Memperluas jangkauan calon konsumen dengan taget pasar yang tidak terbatas

3)     Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.

4)     Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.

5)     Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.

6)     Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan



2.4  Perkembangan Bukalapak

Untuk memastikan hal tersebut, Bukalapak pun terus fokus mendorong penggunaan fitur berbayar mereka, mulai dari Push, Promoted Push, Premium Account. Selain itu, mereka juga meluncurkan berbagai fitur baru seperti layanan pemberian modal BukaModal, layanan investasi BukaReksa, hingga layanan promosi di Google dan Facebook yang bernama BukaIklan.

“Untuk layanan BukaModal, saat ini telah ada ribuan pelapak yang memanfaatkannya. Antusiasme yang sama pun terlihat dari fitur BukaReksa

           



2.5 Cara Berbelanja di Bukalapak

1.     Cari Barang

Sebelum mencari barang pastikan ada sudah masuk website Bukalapak atau sudah membuka aplikasi Bukalapak di smartphone anda.

·         Ketik nama barang yang Anda cari pada kolom pencarian.

·         Atau klik pilihan kategori-kategori yang tersedia pada halaman Bukalapak



2.     Masukkan Ke Keranjang Belanja

Setelah membuka salah satu produk, Anda akan masuk ke halaman produk. Pada halaman ini, terdapat informasi lengkap mengenai produk dan toko yang Anda pilih, antara lain :

·         Informasi Produk : berisi semua informasi penting yang berhubungan dengan produk yang sedang Anda lihat.

·         Ulasan : berisi ulasan produk dari pengguna Bukalapak  yang sudah pernah membeli produk tersebut.

·         Diskusi Produk : tempat bertanya kepada penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk yang Anda pilih. Contohnya bertanya mengenai ketersediaan stok produk.

·         Informasi Penjual : berisi informasi lengkap tentang penjual.

·         Keterangan harga pas dan harga grosir (jika ada)

·         Jika sudah yakin dengan produk yang dipilih, klik tombol “ Beli “





3.     Masukkan Alamat dan Jasa Kirim

Langkah berikutnya untuk berbelanja online di Bukalapak adalah mengisi formulir pemesanan. Silahkan mengisi semua formulir yang diperlukan dengan lengkap dan benar.

·         Langkah selanjutnya, klik tombol “ Beli Produk Ini “

·         Catatan : jasa pengiriman dapat berbeda antar satu penjual dengan penjual lain di Bukalapak



4.     Bayar

Untuk memulai proses pembayaran berikut ini langkah-langkahnya :

·         klik tombol bergambar keranjang pada

·         header menu, lalu klik produk yang telah dipilih.

·         Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, terdapat beberapa pilihan di Bukalapak seperti :

1)     Mandiri Clickpay.

2)     Mandiri e-cash.

3)     BCA klikpay

4)     Transfer antar bank.

5)     Saldo Bukalapak

·         Selanjutnya, klik tombol

·         Checkout.

·         Catatan : jika Anda memiliki saldo Bukalapak namun jumlah tidak cukup untuk membayar total transaksi, Anda tetap bisa membayar sisa pembayaran menggunakan metode pembayaran lain.



5.     Terima Barang

Setelah terima barang, harus konfirmasi jika barang sudah kita terima. Kamu juga disarankan membuat review untuk produk yang habis kamu beli.



2.6 Cara Menjual Produk di Bukalapak

Hal pertama yang dilakukan sebelum membuka toko di situs ini, tentu kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk Anda yang memiliki akun facebook bisa menggunakan akun facebook untuk masuk langsung tanpa harus mendaftar isi email. Lalu masuk ke situs :

·         www.tokopedia.com/login.pl atau download aplikasi Bukalapak pada Playstore / Applestore di smartphone.

·         Setelah itu pilih pada bagian masuk menggunakan facebook, setelah memilih masuk menggunakan facebook anda harus memberi pengaturan aprove dari facebook, agar akun bisa terhubung karena tanpa memberi perintah hubungkan maka akun Bukalapak  tidak akan terhubung ke dengan facebook, sehingga sebelum masuk facebook dari Bukalapak anda harus terlebih dahulu pastikan di browser anda sudah terhubung atau akun facebook di dalam keadaan log in.

·         Setelah masuk silahkan buat nama toko anda atau bisa menggunakan nama anda pribadi,semua terserah pribadi masing-masing.

·         Setelah toko telah dibuat sekarang saatnya untuk jualan, pastikan situs Anda sudah jadi setelah itu masuk produk baru atau masuk ke url http://www.Bukalapak .com/product-add.pl .



2.7 Fitur-Fitur Yang Tersedia di Bukalapak

1)     Fitur Push

merupakan salah satu fitur pelapak berbayar yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang agar tampil di urutan paling awal pada halaman daftar barang hasil pencarian atau kategori. Semakin sering melakukan push, maka peluang barang terjual akan semakin besar. Pelapak dapat membeli push dalam bentuk satuan (Rp2.500/push) atau dalam bentuk paket. Berikut adalah beberapa paket push yang ditawarkan oleh Bukalapak:

Harga Rp80.000 untuk 50 push dan bonus budget promosi Rp5.000

Harga Rp150.000 untuk 75 push dan bonus budget promosi Rp37.500

Harga Rp250.000 untuk 100 push dan bonus budget promosi Rp100.000

Harga Rp500.000 untuk 250 push dan bonus budget promosi Rp200.000

Harga Rp850.000 untuk 500 push dan bonus budget promosi Rp250.000

Harga Rp1.000.000 untuk 750 push dan bonus budget promosi Rp375.000

.

2 Nabung Otomatis

Bukalapak bekerjasama dengan Indogold (PT Sinar Rezeki Handal) dalam menyediakan fitur Nabung Otomatis. Dengan mengaktifkan fitur Nabung Otomatis, pelapak dapat langsung menyisihkan sebagian dari hasil penjualannya secara otomatis dalam bentuk tabungan BukaEmas.

.

3)     BukaGrosir

adalah fitur Bukalapak dimana pengguna Bukalapak (khususnya pelapak) dapat membeli barang dalam jumlah banyak (saat ini minimal pembelian 6 buah) melalui supplier. Pada fitur ini Bukalapak bekerja sama dengan supplier terpilih dengan harga lebih murah dan cocok untuk dijual kembali. Kategori produk yang tersedia hingga saat ini adalah: Fashion Wanita, Aksesoris Handphone, Automotive, dan Rumah Tangga.

4)    . Karyawan Lapak

Karyawan Lapak merupakan salah satu fitur Premium Super Seller. Dengan adanya Fitur Karyawan Lapak, pelapak dapat menambahkan user lain sebagai karyawan di lapaknya. Fitur ini dikembangkan untuk membantu pekerjaan pelapak (bos lapak), seperti:

Kelola transaksi, Kelola promosi barang, Kirim pesan , atauKelola barang.

Ketentuan Menggunakan Fitur Karyawan Lapak

Adapun ketentuan fitur Karyawan Lapak adalah sebagai berikut:

1.      Sebagai Bos Lapak

Saat ini bos lapak hanya dapat memiliki maksimal lima orang karyawan lapak. Bos lapak dapat memantau aktivitas karyawan lapak di halaman Log Aktivitas Karyawan.

2.      Sebagai Karyawan

Memiliki akun di Bukalapak.Karyawan tetap bisa melakukan penjualan di lapaknya sendiri.Karyawan dapat mengakses akun pelapak lain yang menjadi bos-nya dengan cara pindah mode akun sebagai karyawan.

Ketika sedang berada dalam mode karyawan, karyawan tidak dapat melakukan pembelian barang fisik. Ketika sedang berada dalam mode karyawan, karyawan dapat melakukan pembelian barang virtual, seperti tiket pesawat, tiket kereta api, BPJS, dsb. Namun, karyawan lapak tidak dapat membeli paket push atau promoted push.

2.8 Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak

·         Kelebihan Bukalapak

a)      Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.

b)      Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.

c)      Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.

d)      Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.

e)      Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.

f)       Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.

g)      Tampilan yang simple dan tidak berat.

h)      Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.

i)        Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.

j)        Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.







·         Kekurangan Bukalapak

a)      Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.

b)      SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.

c)      Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat, namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.

d)      Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.

e)      Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.

f)       Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.

g)      Tidak memiliki fitur pre-order.

h)      Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.

i)        Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.

j)        Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

j)

2.10 Masalah yang terjadi pada Bukalapak

·         (Masalah pada status penjualan, konfirmasi pengiriman barang dan penerimaan barang)

Saya punya pengalaman pahit di Bukalapak, saat belanja di salah satu toko online berinisial "VMK". Saya belanja beberapa item barang, tapi yg dirimkan semua tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditampilkan di toko online. Waktu pengiriman seolah-olah sengaja diperlambat hingga batas tenggat waktu yang diberikan Bukalapak. Dan ketika barang sampai, secara otomatis langsung dianggap sudah diterima oleh pembeli, karena waktu sudah melebihi batas, krn saat itu saya kebetulan tidak sempat buka Bukalapak.

Ketika saya buka, ada pesan dari penjual minta no. rekening krn ada dana yang mau dikembalikan karena ada item yang tidak ada. Dan itu sebanyak 3 item. Dan jumlahnya lumayan, 100 ribu lebih. Lama ditunggu, dan hanya janji-janji yang diberikan oleh penjual. Hingga beberapa hari kemudian setelah melalui komunikasi yang alot ngalor-ngidul minta nomor HP & WA segala, baru ketahuan ada indikator tidak baik, dia sengaja menunda-nunda dan dana tidak dikembalikan.

Saya jadi trauma belanja di Bukalapak, karena pihak Bukalapak juga katanya sudah tidak bisa ikut campur lagi dalam masalah saya, karena barang sudah diterima.



·        



BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Bukalapak ini merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online.

Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga, pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menembus pasar.

3.2 Saran

Adapun saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut :

·         Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.

·         Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
·         Selalu memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk selalu membeli

Komentar